Curhat Dulu (Eps1)

Semester 9, titik yang tidak pernah aku bayangkan sebelumnya. Dulu, kupikir aku akan menyelesaikan pendidikan ini tepat di semester 8. Ternyata kenyataan berkata lain. Idealis di awal saat memikirkan topik tugas akhir malah menjadi bumerang. Pada akhirnya, tugas yang aku jalani ini berjalan sangat lambat karena banyaknya kekurangan dari diriku sendiri. Dari kemampuanku yang sangat minim itu, banyak masalah muncul. Tapi, sedikit demi sedikit solusi dari masalah yang kuhadapi muncul satu per satu. Semua itu berjalan sangat lambat karena masalah itu merembet ke berbagai hal di dalam diriku. Bingung hingga berakhir pada rasa malas. Satu bulan berlalu sangat cepat tapi progress tugasku sangat amat lambat. Walaupun memang ada masalah di luar tugas yang sedang menimpaku, tapi salahku adalah menjadikan masalah eksternal itu menjadi alasan kemalasanku dan melabeli diriku sendiri dengan sebutan lelah mental. Padahal semua hal yang terjadi atas emosi dalam diriku berada di bawah kendaliku. Entah apapun itu yang terjadi di luar diri, responku dapat kukendalikan. Mau tetap jalani dengan bahagia atau sedih sepanjang hari, itu semua dapat kukendalikan.
Aku tahu itu, namun kenyataannya sangat sulit untuk merealisasikan itu semua. Di semester ini dan umur ini, melihat teman-temanku yang sudah mencapai "sesuatu", lulus tepat waktu hingga predikat cumlaude, magang dan kerja di sana-sini membuatku mulai membandingkan semua itu dengan diriku sendiri. Berkali-kali teringat cuplikan yang mengatakan bahwa "nggak usah bandingin diri sendiri dengan orang lain, setiap orang itu punya masanya masing-masing. Ada yang 20 tahun udah mencapai sesuatu, ada yang 30 tahun, 40 tahun, 50, bahkan 60 tahun. Contohnya KFC, siapa yang nyangka usia 60 tahun bisa buka restoran hingga cabang di mana-mana". Cuplikan itu cukup membuat emosi dan mentalku sedikit tenang dan mulai berpikir positif untuk membangun jalanku sendiri. Namun tetap banyak masa di mana aku melihat sekelilingku dan insecure selalu datang. 

~Yah, yang harus kulakukan saat ini adalah fokus pada satu per satu hal yang harus kuselesaikan. Luruskan pandanganmuuu ke depan! Semangatttt! Haechan aja kuat sama jadwal sepadet itu, masa kamu yang cuma harus nyelesaiin TA aja langsung mental drop??? Yokkkk semangatttt! Hwaitingg, you can do it! Kalo capek, inget senyum & suara si cutie bear aja ^^.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Iblis

Buyar

Gratefulness